Sabtu, 31 Juli 2010

mengapa sel hewan memiliki sentriol?

Mengapa sel tumbuhan tidak terdapatnya sentriol ???
Pada sel hewan, sepasang sentriol di tempatkan di tengah-tengah sentrosom, tetapi struktur ini tidak penting untuk pembelahan sel. Sebenarnya sentrosom pada sebagian besar tumbuhan tidak memiliki sentriol, dan jika seorang peneliti merusak sentriol sel hewan dengan mikroberkas (laser microbeam), suatu gelendong akan tetap terbentuk selama mitosis.
Selama interfase, sentrosom tunggal berefleksi untuk membentuk dua sentrosom yang ditempatkan persis di luar nukleus (Gambar 12.5). Kedua sentrosom berpindah lebih jauh lagi selama profase dan prometafase, begitu mikrotubula gelendong tumbuh dari kedua sentrosom tersebut. Pada akhir prometafase, kedua sentrosom itu yang di sebut sebagai kutub gelendong, berada pada kutub yang berlawanan dari sel tersebut.









Gambar 12.5 Tahapan pembelahan sel mitotik dalam sel hewan. Yang menunjukan pembelahan sel pada embrio ikan.
Pada sel hewan, sitokinesis terjadi dengan proses yang di kenal sebagai pembelahan. Tanda pembelahan ialah penampakan alur pembelahan yang berawal sebagai pelekukan pada permukaan sel di dekat daerah bekas pelat metafase lama (Gambar 12.8a). Pada sisi sitoplasmik alur ini terdapat cincin kontraktil yang terdiri dari mikrofilamen aktin yang berkaitan dengan molekul protein miosin merupakan protein yang bertanggungjawab pula atas kontraksi otot dan banyak tipe pergerakan sel lainnya. Kontraksi cincin mikrofilamen dari sel yang sedang membelah sama seperti penarikan tali-pundi. Alur pembelahan ini semakin dalam hingga sel induk terjepit menjadi dua yang menghasilkan dua sel anak yang terpisah sama sekali.
Sitokinesis pada sel tumbuhan yang berdinding mempunyai gejala berbeda. Tidak ada alur pembelahan. Sebagai gantinya, selama telofase, vesikula yang di turunkan dari Aparatus Golgi berpindah di sepanjang mikrotubula ke tengah-tengah sel, dimana vesikula itu bersatu dan menghasilkan pelat sel (Gambar 12.8b). Materi dinding sel yang di bawa dalam vesikula berkumpul pada pelat sel yang terbentuk. Pelat sel ini membesar hingga membran di sekelilingnya bergabung dengan membran plasma di sekeliling sel. Dua sel anak terbentuk dengan membran plasmanya masing-masing. Sementara itu dinding sel baru telah terbentuk di antaranya.










a. Pemelahan sel hewan b. Pembelahan pelat sel pada sel tumbuhan
Gambar 12.8 Sitokinesis pada sel hewan dan tumbuhan. a, menunjukan alur pembelahan dari sel hewan yang sedang membelah begitu alur itu tampak pada permukaan sel. Tepat di dalam membran plasma di tempat alur ini, mikrofilamen membentuk cincin. Filamen aktin ini berinteraksi dengan molekul miosin, menyebabkan cincin itu berkontraksi. Alur pembelahan menjadi semakin dalam hingga selnya di jepit menjadi dua. b, menunjukan sel akar kedelai pada telofase, yang akan terlihat nukleus baru pada kedua kutub dan vesikula dari aparatus golgi yang muncul bersama-sama untuk membentuk pelat sel pada bidang ekuatorial sel. Vesikula yang membawa materi dinding sel ini bersatu untuk pelat sel yang semakin lama semakin besar hingga membran pelat itu bersatu pada ujung-ujungnya dengan membran plasma, membagi sel tersebut menjadi dua. Dinding sel baru di antara sel anak berasal dari kandungan pelat sel tersebut.
Gambar 12.9
Mitosis pada sel tumbuhan pada sel akar bawang.
a. Profase, kromatinnya memadat. Nucleolus masih jelas terlihat tetapi akan segera mulai menghilang, walaupun belum terlihat dalam mikrograf ini gelendong mitotic mulai terlihat.
b. Prometafase, terlihat kromosom yang terpisah. Masing-masing terdiri dari dua kromatidsaudara identik yang saling melekat. Kemudian selubung nukleus akan berfragmentasi dan mikrotubula
Gelendong akan melekat pada kinetokor kromosom. c. Metafase, gelendong telah lengkap dan kromosom yang telah di tarik sama kuat oleh mikrotubula kinetokor yang dating dari kutub sel yang berlawanan, berbaris pada pelat metafase. d. Anafase, kromatid setiap kromosom telah terpisah dan kromosom anak berpindah ke kutub-kutub sel begitu mikrotubula kinetokornya memendek. e. Telofase, nukleus anak terbentuk. Sementara itu sitokinesis mulai terjadi: pelat sel, yang akan membagi sitoplasma menjadi dua, sedang tumbuh ke arah keliling sel induknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar